Tinggalkan semuanya dan ikutilah Aku!

Hoffman-ChristAndTheRichYoungRulerBacaan Injil mengenai pemuda yang kaya adalah satu bacaan injil favorit saya. “Lalu Yesus memandang dia dengan kasih sayang dan berkata kepadanya, “Untukmu, hanya satu yang masih kurang. Pergilah, juallah apa yang kau miliki dan berikanlah uang itu kepada orang miskin, dan engkau akan beroleh harta di surga. Sesudah itu datanglah dan ikutilah Aku. Mendengar perkataan itu, wajahnya menjadi kecewa, lalu ia pergi dengan sedih karena hartanya banyak (Mark 10:21-22).

Yesus mengasihi pemuda ini, dan menurut saya, berkeinginan untuk menjadikan dia salah satu muridnya. Tetapi hidupnya begitu kompleks; dia mempunyai terlalu banyak hal yang dipikirkan, terlalu banyak masalah untuk diselesaikan, dan terlalu banyak orang di dalam hidupnya. Dia tidak bisa melepaskan kekhawatirannya itu, sehingga dia menjadi sedih. Saya pun ikut sedih karena hidupnya akan sangat berbeda apabila dia melepaskan semua ketakutannya, hartanya untuk mengikuti Yesus. Dia datang, mendengarkan dan kemudian pergi begitu saja. Setelah itu dia tidak pernah disebutkan lagi di Injil.

Kita senantiasa mendengarkan Petrus, Yohanes, Yakobus, ketiga rasul yang sangat dikasihi Yesus. Bahkan gereja merayakannya setiap tahun. Tetapi pemuda ini, yang juga dikasihi Yesus dan juga diundang untuk menjadi saksi Injil, tidak diketahui hidupnya. Dia tidak menjadi pengikut Kristus dan tidak meninggalkan jejak di sejarah gereja seperti rasul-rasul lainnya. Seandainya Fransiskus dari Asisi tetap menjadi seorang pedagang, pastinya dia tidak akan diingat seperti sekarang (Mungkin nama paus kita bukan Paus Fransiskus!).

Saya ingin berdoa supaya hidup saya menjadi cukup sederhana untuk bisa mengatakan “iya” ketika Yesus melihat saya dengan kasih sayang dan mengundang  saya untuk meninggalkan semuanya dan mengikuti Dia. Melewati kesempatan tersebut tidak hanya membuat Yesus dan saya sedih, tetapi juga menolak mengambil tempat saya di dalam karya keselamatan Allah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s