Kriteria SMART?

Ketika saya masih mahasiswa dulu, salah satu pelajaran yang masih saya ingat adalah cara membuat penetapan tujuan (goal-setting). Goal-setting yang baik itu berdasarkan kriteria SMART (Specific/spesifik, Measurable/terukur, Action-oriented/melakukan tindakan, Realistic/realistis and Timely/memiliki batas waktu).

Berikut penjelasan untuk masing-masing kriteria:

Specific : Tujuan yang dibuat harus jelas dan tidak ambigu. Tujuan yang jelas memiliki peluang lebih besar untuk terlaksana daripada tujuan yang umum. contohnya: menabung 10 ribu per hari, bukan hanya menabung saja.

Measurable : Menetapkan kriteria konkrit untuk mengukur kemajuan menuju pencapaian tujuan yang anda tetapkan. Ketika anda mengukur kemajuan anda maka anda tetap berada di jalur, dan semakin dekat dengan tujuan anda. Untuk menentukan apakah tujuan anda terukur, maka anda dapat menetapkan indikator keberhasilan dan kapan tujuan ini akan tercapai.

Action-oriented : Tujuan anda harus membuat anda melakukan satu aksi, bukan hanya reaksi belaka. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk membuat langkah-langkah yang akan dilakukan serta kerangka waktu untuk mencapat tujuan tersebut.

Realistic : Tujuan yang realistis itu harus berasal dari diri anda sendiri dan tentunya dapat anda capai. Karena tujuan yang diberi oleh orang lain, belum tentu sesuai dengan kemampuan anda dan ada kemungkinan tidak anda lakukan karena itu tidak sesuai dengan keinginan anda. Tujuan yang terlalu tinggi dan tidak terjangkau akan memberikan tekanan yang terlalu besar sehingga menyebabkan anda menjadi malas dan penundaan. Sedangkan tujuan yang terlalu rendah akan menyebabkan kinerja yang tidak optimal dan menyebabkan anda menganggap enteng sehingga menunda melakukannya.

Timely : Tujuan yang anda buat hendaknya memiliki kerangka waktu. Kapan dimulai, dilaksanakan dan kapan anda dapat mencapai tujuan anda. Kerangka waktu yang jelas akan memotivasi anda untuk melakukannya sesuai jadwal dan tidak menunda-nunda.

Advertisements

4 thoughts on “Kriteria SMART?

  1. Pingback: Apa Resolusi-mu di Tahun 2014? | Vinz Pablo || My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s