Mengenang sinetron 90an

Di pertengahan tahun 90an, ada satu sinetron yang sangat berkesan untuk saya, cerita yang sangat sederhana tetapi mencerminkan budi bangsa yang menjunjung tinggi kejujuran dan nilai moral di dalam keluarga. Bisa tebak?

Ya, Keluarga Cemara. Cerita yang diangkat dari buku cerita ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi banyak penonton. Coba saja dicari Keluarga Cemara di Google, maka saya jamin akan banyak hal baik tentang cerita ini yang disharingkan orang-orang dan juga masih banyak yang berharap sinetron ini ditayangkan kembali. Mengapa? karena saat ini dunia sinema Indonesia sedang mengalami kemunduran dari segi kualitas dan juga moral yang disampaikan, akting yang terlalu lebay dan dibuat-buat, alur cerita yang terlalu terfokus dengan sifat-sifat negatif manusia. Ini sangatlah berbeda dengan sinetron Keluarga Cemara yang pernah ditayangkan. Keluarga Cemara diminati karena ceritanya mengenai kehidupan sehari-hari keluarga sederhana yang tetap memberi contoh yang masuk di akal dan baik untuk diteladani.

keluarga cemaraKetika sedang berada di Gramedia minggu lalu, saya melihat buku Keluarga Cemara dan di situ saya baru menyadari kalau penulisnya adalah Arswendo Atmowiloto. Sebuah nama yang tidak asing lagi di dunia sastra dan jurnalistik di negeri tercinta.

Buku Keluarga Cemara yang diterbitkan ulang oleh Gramedia di tahun 2013 tersebut masing-masingnya berisi 3 buku yang pernah diterbitkan. Keluar Cemara #1 berisi Keluarga Cemara, Musik Musim Hujan, dan Kupon Kemenangan, sedangkan buku Keluarga Cemara #2 berisi : Tempat Minum Plastik dari Toko, Becak Emak, dan Bunga Pengantin.

Saya sudah membaca setengah dari buku #1 dan saya tidak ingat kapan terakhir membaca cerita seperti ini. Keluarga yang sederhana dengan segala keterbatasan tetapi si abah tetap mengajarkan anak-anaknya untuk jujur dan percaya kepada Tuhan.

Ayo dibeli bukunya, dijamin tidak akan menyesal. =D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s