Monday Morning on Riot & Cloistered monastery

Senin pagi yang penuh dengan kejutan.

Pertama-tama berita kerusuhan di Little India, Singapura, yang mirip kejadian di film-film. Sangat kaget karena belum pernah terjadi kerusuhan beberapa puluh tahun terakhir ini. Hal ini membuat beberapa grup di Whatsapp jadi sangat aktif, terutama grup Legioner di Singapura.

Kedua, membaca artikel yang muncul di News Feed di Facebook mengenai Cloistered Nun di London. Satu panggilan yang semakin jarang diminati, tetapi biara ini terletak di tengah kota seperti London. Ya, menurut saya ini luar biasa. Saat ini hanya ada 19 suster yang berusia 18-91. Seorang suster mengatakan “Adalah sebuah miskonsepsi bahwa orang yang pendiam adalah yang paling cocok menjadi suster di sini. Anda harus bisa mengasihi dan berhubungan baik dengan orang lain, jadi sebenarnya orang yang extrovert akan menjadi suster yang paling baik di biara ini.”

Seorang orang itu memiliki panggilan (vocation) dan misi yang khusus. Di Gereja Katolik, ada 3 panggilan primer untuk setiap manusia, mereka akan menjadi salah satu dari ini:

  • Priesthood (pastor/imam)
  • Married life (menikah)
  • Single life (hidup single: religius, seperti biarawan/biarawati, atau pun awam)

Di artikel yang saya baca tersebut, Suster Matthias mengatakan sesuatu yang menurut saya cocok dengan saya, “I was not against marriage, but I knew that I did not want to limit my life to just one person or family.” Ya, bagi teman-teman dekat saya, hal ini sudah sering saya katakan. Kalau saya menikah, kasihan karena kemungkinan saya bakal lebih sibuk membantu orang-orang lain.


 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s