Supernova : Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh

Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh.

Buku ini sudah saya baca tahun 2001, waktu itu sempet mikir, “ini buku ga bakal bisa difilmkan karena biayanya bakal gede. Tapi walaupun agak bingung dengan sisi sciencenya, saya suka cerita romancenya.

Inget banget dulu pernah ada obrolan dengan sepupu saya mengenai tokoh Diva, dia mengatakan, seandainya Diva adalah satu sosok yang merdeka, dia tidak cukup merdeka dari uang.

Satu masalah untuk film yang diadaptasikan dari buku adalah, pembaca sudah memiliki satu ekspektasi mengenai tokoh-tokohnya. Hal ini menyebabkan kekecewaan apabila tidak sesuai dengan ekspektasi. Expectation leads to disappointment, right?

Saya suka dengan Hamish Daud sejak pertama ngeliat di film Rectoverso dan sempet ga yakin, karena aktingnya sangat berbeda. Nah.. temen di sebelah saya tidak pernah baca bukunya, jadinya dia agak bingung dan sempet heboh setelah tahu Hamish Daud & Arifin Putra memerankan gay couple. I really like them because you can see there is chemistry and the acting is very natural.

Diva. Well, saya selalu membayangkan Diva sebagai sosok model berambut pendek, kalo tahun 2001, kaya Karenina lah. Tapi Paula Verhoeven secara fisik mampu memenuhi kriteria Diva yang katanya super cantik. Dan bener, sekali dia muncul, langsung terdenger bisik-bisik, “cantik banget!”

Saya merasa, Junot tidak pas. Tidak memenuhi bayangan saya sebagai seorang eksmud metropolitan dan juga cara dia berbicara dan berakting mirip dengan Zainuddin di film Tenggelamnya Kapal Van Der Wick. Saya tidak tahu apakah emang tuntutan perannya seperti itu atau …

Salah satu ‘masalah’ dengan film adaptasi dari buku Dee adalah penulisan dialog yang sangat sastra; enak dibaca tetapi terdengar sangat kaku bila diucapkan di film (Rectoverso & Supernova : KPBJ). Orang yang telah membaca bukunya akan familiar dengan kata-katanya, tetapi yang belum, bisa merasa aneh dan kaku.

So far, film ini menarik tetapi saya tidak mau menonton ulang. Ga tahan kalau mesti nonton aktingnya Junot lagi. Mending nonton Rectoverso ribuan kali. XD

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s